5 Hantu Indonesia Paling Menyeramkan

Secara umum, arti hantu merujuk pada roh atau arwah seseorang yang telah meninggal. Hantu sering disebut – sebut sebagai roh yang mengganggu manusia. Hantu dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan bagi sebagian besar manuasia. Setiap daerah di dunia memiliki sebutan untuk hantu masing – masing yang berbeda. Setiap jenis hantu memiliki ceritanya masing – masing.

Percaya atau tidak, sebagian orang pernah benar – benar melihat hantu. 5 hantu di bawah ini yang dianggap paling menyeramkan bagi masyarakat Indonesia.

  • Kuntilanak

Kuntilanak yang dalam bahasa melayu disebut Pontianak atau Puntianak, atau sering juga disebut kunti. Hantu ini dipercaya berasal dari wanita kamil yang kemudian meninggal atau dari wanita yang meninggal ketika proses melahirkan tetapi anak yang dikandungnya belum sempat lahir. Nama Puntianak ini merupakan singkatan dari perempuan mati beranak. Hantu ini digambarkan berwujud wanita cantik berambut panjang yang khas dengan tertawa melengkingnya.

  • Pocong

Hantu satu ini digambarkan seperti guling. Ada yang menggambarkan bahwa pocong ini mempunyai wajah berwarna hijau dengan tatapan mata yang kosong. Kepercayaan atas adanya hantu pocong in berkembang di daerah pulau Jawa dan Sumatera. Hantu pocong muncul dipercaya karena ketika dikuburkan tali pocongnya tidak dilepas. Meski dalam film hantu ini digambarkan bergerak melompat, tetapi mitos yang berkembang di masyarakat menyatakan bahwa hantu ini bergerak dengan melayang .

  • Palasik

Palasik adalah mitos dan kepercayaan masyarakat Minangkabau. Menurut masyarakat Minangkabau, palasik bukanlah hantu melainkan seorang manusia yang mempunyai ilmu hitam yang tingkat tinggi. Palasik adalah makhluk yang memakan bayi atau balita yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

  • Sundel Bolong

Hantu ini termsuk mitos dari Nusantara. Sundel bolong digambarkan sebagai wanita cantik ynag berambut panjang, mengenakan gaun putih panjang ynag di bagian punggungnya berlubang. Mitosnya asal usul hantu ini adalah dari arwah wanita yang mati karena diperkosa kemudian melahirkan dalam kuburnya.

  • Genderuwo

Genderuwo adalah hantu mitos Jawa sejenis bangsa jin yang berwujud manusia mirip kera yang besar dan kekar dan tubuhnya tumbuh rambut yang lebat. Asal usul hantu ini adalah dari arwah penasaran orang yang meninggal dengan tidak sempurna.

Kelima jenis hantu di atas adalah mitos hantu yang dikenal menyeramkan yang berkembang di Indonesia. Percaya atau tidak atas keberadaan makhluk – makhluk tersebut, nyatanya ada juga beberapa orang yang mengaku pernah melihat atau bahkan diganggu.